Question-   Assignment Marketing Management

Solution-

Assignment Marketing Management

  1. Salah 1 marketing management orientationyang terbaru adalah societal marketing concept. Coba Anda jelaskan apa yang Anda ketahui mengenai konsep tersebut, dan kemudian berikan contoh brandatau perusahaan yang menerapkan konsep ini dalam proses bisnisnya! Tunjukkan bagaimana brandatau perusahaan tersebut dapat memberikan benefit bagi ketiga pihak yang terkait melalui aktivitas bisnisnya!

 

  1. Jelaskan yang dimaksud dengan market-oriented mission! Berikan 1 contoh mission statementdari sebuah brand asal Indonesia, kemudian berikan analisis apakah mission statementtersebut sudah dapat dikatakan bersifat market-oriented? Tuliskan argumen Anda!

 

  1. Bicara mengenai marketing environment, uraikan pendapat Anda bagaimana pandemi Covid-19 yang mewabah di Indonesia sejak awal tahun 2020 berdampak pada lingkungan makro dan mikro dari sebuah bisnis! Dan bagaimana pula lingkungan makro dan mikro tersebut mempengaruhi strategi pemasaran yang sebaiknya diterapkan oleh perusahaan? Anda boleh menggunakan 1 contoh kasus sebagai ilustrasi untuk menjelaskan jawaban Anda.

 

JAWABAN

 

  1. Orientasi manajemen pemasaran telah banyak mengalami perubahan, dulu perusahaan hanya memikirkan mencari keuntungan sebanyak banyaknya, lalu berkembang menjadi bagaimana mendapatkan keuntungan dari kepuasan pelanggan lalu berkembang lagi dengan bagaimana menciptakan kesinambungan antar pembeli dan penjual yang dapat menciptakan profit jangka Panjang dengan cara melakukan pemasaran sosial. Societal marketing concept adalah strategi pemasaran yang melakukan aktivitas yang mana bertujuan untuk mengubah sikap dan kebiasaan masyarakat dengan melakukan aktivitas sosial yang mengedepankan nilai nilai sosial . misalkan ada bencana alam suatu perusahaan memberikan dan menggalang dana bertujuan untuk membantu orang yang terkena musibah.

 

Dengan pandemik yang melanda seluruh dunia termasuk Indonesia Tokopedia menjadi salah perusahaan yang menerapkan konsep societal marketing concept dengan cara memberikan sumbangan 1 miliar untuk APD tenaga medis,menyumbang lebih dari 150 ribu masker untuk TKI hongkong, membuka kanal berdonasi, membuat fitur bantu covid di halaman checkout Tokopedia,memberikan bebas ongkir dan cashback 50 % di bagian Kesehatan,membuat hastag #Dirumahajadulu, membuat fitur donasi APD Rp 5000 untuk tenaga medis di checkout barang,  hal ini menjadi ajakan bagi seluruh kalangan masyarakat untuk berdonasi membantu tenaga medis dan mengajak masyarakat untuk tetap di rumah, belanja dan berjualan dari rumah , Tokopedia menunjukkan nilai- nilai sosial ke masyarakat menggunakan strategi societal marketing concept.

 

Karena masa pandemi jual-beli online di e-comerce terus meningkat dengan signifikan,dan hasilnya meningkat nya penjual dan pembeli  karena masyarakat tidak dapat keluar rumah maka dari itu Tokopedia melakukan inovasi dan melihat sebuah peluang mereka melakukan societal marketing concept yang sudah saya jelaskan di atas seperti gratis ongkir, cashback, donasi APD, membuat hastag #Dirumahajadulu selain memberikan kemudahan bagi pembeli dan penjual hal ini juga memperlihatkan nilai-nilai sosial serta mengajak masyarakat untuk berbuat kebaikan.


dan benefit bagi Tokopedia adalah selain kenaikan pengunjung karena selama pandemi di tuntut di rumah aja maka dari itu banyak daerah pelosok dan desa yang telah melakukan jual beli online hal ini memberikan ekspansi perusahaan Tokopedia ke daerah pelosok dan perusahaan semakin terkenal, lalu benefit bagi para pembeli dan penjual karena kemudahan dan fitur-fitur yang di berikan Tokopedia hal ini memudahkan pembeli dan penjual selain membeli juga kita dapat langsung berdonasi di checkout barang ,dengan berbelanja di Tokopedia  kita dapat membantu sesama, benefit bagi pihak ketiga adalah dengan banyaknya yang berbelanja di Tokopedia hal ini menaikkan volume pengiriman perusahaan ekspedisi seperti pos Indonesia, JNE, sicepat , J&T dan lain lain dan membuat profit yang besar bagi perusahaan itu sendiri.

 

  1. Market-oriented-mission adalah definisi perusahaan yang di ciptakan dari hasil analisa pandangan konsumen tentang apa yang mereka butuhkan dan inginkan lalu menawarkan solusi bagi masalah tersebut dengan tujuan kepuasan pelanggan.

Contoh brand asal Indonesia “ Tokopedia adalah perusahaan teknologi Indonesia dengan misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital “

Menurut saya mission statement Tokopedia sudah bersifat marked-oriented karena sejak berdirinya Tokopedia mereka memikirkan pandangan pelanggan dan apa masalah mereka lalu menawarkan solusi serta kemudahan seperti banyak yang warga daerah yang ingin berbelanja baju di Jakarta tapi karena mahalnya transportasi hal ini mengurungkan niat mereka tapi dengan hadirnya Tokopedia semua hal menjadi mungkin karena Tokopedia sudah menjangkau daerah daerah kecil jadi di manapun pelanggan berada dapat melakukan akses jual-beli dengan mudah dan juga tokpedia telah menjangkau 98% daerah, 90 + jt pengguna aktif setiap bulan, membuat 2.99 juta lapangan pekerjaan, harga lebih murah 21% ,90 % penjual menikmati transaksi digital. Dengan luasnya janggkauan yang telah di miliki Tokopedia hal ini mendorong pemerataan ekonomi secara digital dengan banyaknya penjual yang berjualan di Tokopedia dan penjual tersebut tersebar di seluruh Indonesia.

       

 

  1. Dengan adanya covid-19 untuk menghindari penyebaran yang lebih luas masyarakat di himbau agar tidak keluar rumah hal ini menyebabkan orang tidak dapat keluar rumah untuk bekerja, yang mempunyai toko atau bisnis sepi pengunjung untuk bertahan atau survive dalam situasi seperti ini pengusaha ataupun perusahaan mengambil Tindakan dengan cara menaikan harga produk dan barangnya dan menyebabkan kekuatan daya beli pelanggan menurun dan akhirnya banyak pekerja yang harus di PHK, kenailan harga barang tidak hanya terjadi pada perusahaan tapi makanan pokok juga karena kita lebih membutuhkan makanan di tengah pandemik seperti kedelai dari 6.700 rb jadi 8.500 rb, gula pasir 12.500 rb jadi 18.000 rb, bawang putih 35.000 rb per kg menjadi 55.000 rb per kg ,kenaikan harga makanan pokok terjadi karena kepanikan masyarakat yang akhirnya membeli produk kebutuhan sehari-hari secara berlebihan karena permintaan melonjak secara drastis harga barang pun naik misalkan saja masker yang dulu harga 1 kotak murah dan terjangkau tapi selama pandemic 1 kota isi 50 pcs bisa di banderol dengan harga 350.000 rb sangat fantastis sekali perbedaannya .

Contoh : perusahaan Garmen yang bergerak di bidang pembuatan pakaian dan tekstil karena covid-19 mengakibatkan penurunan penjualan, karena bahan bakunya impor dan selama masa pandemi ini di batasi harga impor barang pun menaik,kehabisan modal untuk membayar upah dan cicilan bunga di bank, yang mengakibatkan perusahaan harus menaikan harga produk yang berakibat ke lingkungan mikro dan makro yang mana kekuatan daya beli masyarakat melemah,banyak yang PHK dan menyebabkan banyak pengangguran, membuat ekonomi melemah,dengan ketidakstabilan ekonomi ini juga menyebabkan meningkatnya pelanggaran hak pekerja dan lemahnya penegakan hukum.

Strategi pemasaran yang sebaiknya di lakukan perusahaan :

  • Membuat produk ramah lingkungan
  • Menggunakan media sosial untuk menjangkau pembeli
  • Membuat penawaran yang menarik seperti discount dan bundling
  • Bisnis dapat dengan mudah di temukan di online

  pokok-makanan-ini-naik-berikut-daftar-lengkapnya

 

 

Our happy customers

They are fast in responding to homework questions. they have the best technical writers. Thanks for helping me with my programming doubts.

studentDyana
5  stars image

I contact to disklib for homework, they help me out, despite there was some technical issue they gone through extra mile for me and provide me good quality work in first priority. 100% recommended.

studying on laptopAsif Waheed
5  stars image

Desklib's study resources are best & unique. Their study database is easy to access and easy to use.
100 % recommended.

library and studentsMike Taylor
5  stars image